Apa Itu Cloud Storage..? | Manfaat, Kelebihan - Kekurangan & Perbandingan Beberapa Cloud

CLOUD STORAGE



















Cloud storage adalah model penyimpanan data komputer di mana data digital disimpan dalam kumpulan yang logis. Penyimpanan fisik mencakup banyak server (terkadang di beberapa lokasi), dan lingkungan fisik biasanya dimiliki dan dikelola oleh perusahaan hosting. Penyedia penyimpanan awan ini bertanggung jawab untuk menjaga agar data tersedia dan dapat diakses, dan lingkungan fisik terlindungi dan berjalan. Orang dan organisasi membeli atau menyewa kapasitas penyimpanan dari penyedia untuk menyimpan data pengguna, organisasi, atau aplikasi.
Layanan penyimpanan cloud dapat diakses melalui layanan komputasi awan colocation, antarmuka pemrograman aplikasi (API) layanan web atau oleh
aplikasi yang menggunakan API, seperti penyimpanan desktop cloud, gateway penyimpanan awan atau sistem manajemen konten berbasis Web.


  •         Apa saja yang bisa disimpan di cloud storage?

Ya, sama seperti yang bisa kita simpan di harddisk komputer. Mulai dari data dokumen (seperti Words, Excel, atau PDF), data grafis (seperti JPG, Photoshop, atau CorelDraw), multimedia (video dan audio), dll. Apa saja.


  • Manfaat

Cloud storage sebagai alat berbagi

Sebuah layanan cloud storage bisa digunakan untuk membagikan file yang dimiliki pengguna kepada pengguna lainnya. Biasanya fungsi seperti ini sering kita jumpai di layanan file sharing seperti 4Shared dan Mediafire. Tak hanya itu saja, cloud storage juga mempunyai fungsi auto-synchronize yang tidak dimiliki oleh layanan file sharing. Sehingga pengguna tidak perlu repot-repot menggunggah file yang akan disebarkan

Dapat digunakan untuk berkolaborasi

Berkolaborasi yang dimaksud di sini ialah bekerja secara bersama-sama, misalnya di lingkungan perkantoran. Dengan memakai cloud storage, pengguna dapat memanfaatkannya sebagai wadah untuk berkolaborasi antar sesama karyawan untuk saling bertukar data. Sehingga pekerjaan bisa dilakukan lebih cepat dan efektif, tidak memerlukan waktu yang lama untuk bertukar file.

Back-up data penting
Biasanya kita sering menyimpan data-data penting di dalam flashdisk, harddisk eksternal, PC, laptop, maupun gadget lainnya. Pernahkah Anda terpikir jika data tersebut hilang? Kita tahu bahwa alat elektronik sangat rentan terhadap kerusakan. Belum lagi ancaman virus yang dapat merusak ataupun menghilangkan data kita. Dengan mengunggah data-data penting ke layanan cloud storage, maka kita tidak perlu khawatir lagi kehilangan data-data penting tersebut.
Itu tadi beberapa manfaat cloud storage untuk produktivitas pengguna internet sehari-hari. Hingga saat ini, masih banyak layanan cloud storage yang gratis. Namun biasanya dibatasi kapasitasnya apabila tidak berbayar. Jika ingin menambah kapasitas, Anda bisa membayar biaya berlangganan tiap bulannya.

  • Kelebihan Cloud Storage
  

Tidak Memakan Tempat


Karena bersifat virtual, penyimpanan cloud tidak membutuhkan media fisik seperti CD, flashdisk atau hard disk. Selain itu kasus rusak atau kehilangan media penyimpanan bisa diminimalisir dengan menggunakan penyimpanan online.

Relatif Lebih Aman


Karena tidak disimpan secara fisik, data yang kamu miliki akan lebih aman karena hanya kamu pribadi yang bisa mengakses data tersebut. Tidak seperti media simpan fisik yang bisa digunakan secara bebas dan mungkin saja bisa disalahgunakan oleh pihak lain.


Bisa Diakses Dimana Saja

 

Kamu tidak perlu lagi membawa hard disk eksternal kemana-mana karena semua data yang kamu miliki sudah tersimpan rapi secara online di internet. Saat kamu membutuhkannya, tinggal buka dan unduh saja. Kamu juga bisa melakukan editing pada file yang kamu simpan.


  • Kekurangan Cloud Storage

Selain kelebihan, tentunya menyimpan data via online juga memiliki kekurangan seperti:


Harus Terkoneksi dengan Internet


Karena berbasis online, mau tidak mau kamu harus punya akses internet untuk mengakses data yang kamu simpan. Ditambah jika kamu ingin menggunakan data tersebut, kamu juga harus mengunduhnya terlebih dahulu. Terlebih untuk file dengan ukuran besar kamu akan membutuhkan bandwith yang cukup banyak dan tentunya waktu yang tidak sedikit untuk mengunduhnya.

Situs Maintenance


Mungkin ini bisa menjadi masalah besar bagi pengguna Cloud Storage. Tentu jengkel rasanya saat kamu harus mengakses data yang kamu simpan via cloud namun ternyata situs yang kamu gunakan sedang mengalami perbaikan (maintenance) . Hal seperti ini memang sangat jarang terjadi, tapi tetap saja membuat pengguna kesal.

Perbandingan empat layanan cloud storage terbaik
Ingin mencoba menggunakan cloud storage? Kamu dapat memulainya dengan memilih dari beberapa layanan yang paling populer, antara lain:
Tiap-tiap layanan tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini adalah rangkuman singkat beberapa keunggulan dan kekurangan tersebut untuk kamu tinjau:

Tiap-tiap layanan tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini adalah rangkuman singkat beberapa keunggulan dan kekurangan tersebut untuk kamu tinjau:














Sumber:
Thangks to:
https://id.wikipedia.org/wiki/Penyimpanan_awan
http://www.anugrahpratama.com/services/manfaat-cloud-storage-dalam-kehidupan-sehari-hari/
https://www.teknosee.com/2016/06/kelebihan-dan-kekurangan-cloud-storage-untuk-menyimpan-data.html

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu E Publication Design...? Konsep dasar

Apa Itu Google Form ..? | Kelebihan - Kerurangan & Manfaat

Apa Itu Blogger..? | Kelebihan - Kekurangan & Manfaat