Apa Itu Blogger..? | Kelebihan - Kekurangan & Manfaat












Blogger
 adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL


Menjadi blogger berarti :
§  Sering menulis di blog (di internet).
§  Menjadi blogger juga bisa membuat kita memiliki penghasilan sendiri, sebab sebuah blog juga bisa menghasilkan uang.
§  Jika kamu beruntung, kamu bisa jadi orang yang terkenal karena menjadi blogger.





Kelebihan Blogspot
  • Kelebihan Blogpsot dibanding wordpress adalah, Blogspot merupakan salah satu produk Google. Sehingga dapat terintegrasi dengan layanan-layanan dari Google yang lainnya.
  • Selain itu Blogspot sangat ramah dengan SEO (search engine optimization). Jadi pemilk blog bisa dengan mudah mengoptimasi blog miliknya sendiri.
  • Blogspot juga bisa dibilang cukup mudah digunakan dan sangat praktis.
  • Jika kita membuat blog di Blogspot, kita bisa dengan mudah melakukan kostumisasi blog kita sendiri.
  • Kelebihan Blogspot dibanding WordPress gratisan lainnya adalah, blog yang dibuat menggunakan Blogspot bisa didaftarkan ke Google Adsense.
Itulah kelebihan Blogspot dibanding WordPress gratisan, yang lebih mudah untuk melakukan kostumisasi tampilan blog. Selain kelebihan, tentu saja ada kekurangan atau kelemahan Blogspot sebagai media blogging. Untuk lebih jelasnya mari kita ulas kekurangan Blogspot satu per satu.

Kekurangan Blogspot
  • Kekurangan atau kelemahan Blogspot yang pertama adalah, tampilan dasboard adminnya yang sederhana.
  • Dalam menulis artikel di Blogspot bisa dibilang kurang leluasa, karena tools yang disediakan tidak selengkap Wordpress.
  • Bagi blogger pemula yang belum mengerti bahasa HTML dan CSS, akan sulit untuk menyesuaikan tampilan blog.
  • Blogspot merupakan salah satu produk Google, maka pengguna harus patuh dan tunduk pada peraturan Google.
Itulah kekurangan atau kelemahan Blogspot dibanding WordPress gratisan. Dari kelebihan dan kekurangan Blogspot yang sudah dijelaskan di atas bisa disimpulkan, bagi blogger yang ingin memonetasi blognya lebih baik membuat blog di Blogspot. Karena Blogspot akan lebih mudah untuk didaftarkan ke Google Adsense.

Manfaat

Meningkatkan kreatifitas dalam menulis
Manfaat pertama yang bisa didapatkan seorang pelajar ketika menekuni hoby ngeblog adalah dapat meningkatkan skill atau kreatifitas kita dalam menulis. Untuk menjadi seorang penulis yang baik memang perlu latihan. Semakin banyak kita berlatih menulis, semakin banyak kita belajar serta membaca referensi maka gaya serta keterampilan menulis kita akan semakin baik. Bagi beberapa orang yang dianugerahi kemampuan bahasa yang baik, menulis mungkin merupakan suatu kegiatan yang mudah dilakukan. Hal itu tidak berlaku bagi  seseorang yang memiliki kemampuan bahasa yang pas-pasan. Untuk bisa mengutarakan pendapat kita dalam sebuah tulisan, kita sering merasa kesulitan dalam merangkai kata agar pembaca bisa mengerti apa yang kita maksudkan dalam artikel yang kita buat. Nah salah satu media yang bisa kita sebagai tempat kita berlatih menulis adalah blogger, Blogger memberikan fasilitas kepada kita untuk menggunakannya baik itu dengan domain gratis ataupun domain yang berbayar.

Dapat menambah wawasan serta informasi dari blog lain

Manfaat kedua dari kegiatan ngeblog adalah dapat menambah informasi atau wawasan baru. Berbagai informasi dalam berbagai kategori ataupun bidang bisa saja kita dapatkan apabila kita rajin berkunjung ke blog lain ( istilah lainnya kita melakukan blogwalking ). Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi seorang pelajar dimana pelajar selain dituntut mendapatkan pengetahuan dari pendidikan formal juga dituntut untuk mendapatkan wawasan lain dari berbagai pendidikan non formal ataupun informasi lain tentunya dari sumber yang terpercaya salah satunya adalah sumber dari blog. Diharapkan dengan kegiatan ini pelajar bisa lebih berinovasi dengan keterampilan dan wawasan yang mereka dapatkan. Tentunya dalam mencari informasi, seorang pelajar harus benar-benar mendapatkannya dari sumber yang terpercaya dan melakukan validasi terlebih dahulu untuk menguji kebenarannya. 

Sebagai tempat untuk sharing atau berbagi 
Setiap orang mempunyai kepuasan tersendiri. Kepuasan seorang dengan yang lain tidak bisa disamakan. Salah satu kepuasan paling sederhana yakni kepuasan untuk bisa berbagi. Rekan-rekan bisa menggunakan blog sebagai sarana untuk berbagi pengalaman dimana pengalaman itu bisa saja berguna bagi rekan-rekan lainnya. Sebagai contoh, rekan-rekan bisa memperoleh nilai ujian yang baik serta mendapatkan beasiswa guna melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi favorit dengan berbagai cara yang mungkin saja orang lain tidak mengetahuinya. Hal ini bisa saja rekan-rekan sharingkan di blog agar pembaca dapat menempuh proses dan termotivasi setelah membaca pengalaman yang telah rekan-rekan tulis dan sharingkan di blog.


sumber:
thanks to..
https://id.wikipedia.org/wiki/Blogger_(layanan)
https://teknobos.com
http://jefferlysuperclub.com
http://www.yosefpedia.com


Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu E Publication Design...? Konsep dasar

Apa Itu Google Form ..? | Kelebihan - Kerurangan & Manfaat